Webinar Sosialisasi Kurikulum Prototipe

Kegiatan Webinar Sosialisasi Kurikulum Prototipe untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran dilaksanakan pada hari Senin tanggal 31 Januari 2022 secara daring. Kegiatan webinar ini dikuti oleh 113 peserta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 5 Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalimantan Utara.

Tujuan Webinar Sosialisasi Kurikulum Prototipe untuk Membantu Pemulihan Pembelajaran yang merupakan lanjutan dari Kurikulum Masa Khusus Pandemi Covid-19 atau Kurikulum Darurat yang dapat digunakan oleh Satuan Pendidikan di wilayah Kalimantan utara.

Kegiatan Webinar dibuka secara resmi oleh Kepala LPMP Provinsi Kalimantan Utara Bapak Dr. Jarwoko, M.Pd. dan dilanjutkan dengan paparan materi:

  1. Kebijakan Kurikulum Prototipe dari Bapak Qudratullah Polanagau, S.Ag., M.Pd. Widyaprada Ahli Muda LPMP Provinsi Kalimantan Utara,
  2. Linieritas dan Pemenuhan Beban Kerja Guru pada Kurikulum Prototipe Oleh Bapak Edy Supryady, S.ST. LPMP Provinsi Kalimantan Utara.

Pada webinar ini LPMP Provinsi Kalimantan Utara juga menghadirkan Kepala Sekolah Penggerak yang telah memiliki pengalaman dalam hal mengimplementasikan Kurikulum Operasional Sekolah. Adapun materi Praktik Baik pada webinar ini adalah :

  1. Materi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Operasional Sekolah di SDN 01 Nunukan Selatan yang disampaikan oleh  Bapak Muhyiddin, S.Pd.,
  2. Materi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Operasional Sekolah di SMPN 1 Lumbis yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Idrus, S.Pd., M.A.P., dan
  3. Materi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Operasional Sekolah di SMAN 1 Sebatik yang disampaikan oleh Bapak Sudirman, S.Pd.

 

Pada kesempatan yang sama, LPMP Provinsi Kalimantan Utara juga membuka sesi diskusi dan tanya jawab baik materi yang disampaikan oleh Narasumber dari LPMP Provinsi Kalimantan Utara maupun materi Praktik Baik yang disampaikan oleh Para Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 1 Provinsi Kalimantan Utara. Berikut beberapa pertanyaan yang diajukan dalam sesi diskusi :

  1. Afridah, Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan

Pertanyaan  : Apakah dengan Jam Pelajaran Per Minggu / Per Tahun dapat dirancang Sabtu di kosongkan (Kebijakan Pembelajaran 5 Hari Kerja)

  1. Sigit, SMPN 1 Malinau Barat

Pertanyaan : Kurikulum Prototipe adalah Kurikulum yang disederhanakan yang dijadikan opsi mau diimplementasikan di sekolah atau tidak ?

Apakah benar ? Sasaran Kurikulum memerdekakan Guru dan Siswa, untuk Kemerdekaan Guru disini, dokumen belajar tidak terlalu diutamakan, tidak berpatokan pada RPP.  Sementara RPP dijadikan bahan Supervisi oleh Kepala Sekolah / Pengawas Sekolah.

Pada Kurikulum 2013, mata pelajaran Informatika adalah mata pelajaran pilihan. Selama Pandemi pembelajaran diarahkan ke PJJ Daring. bagaimana Mapel informatika pada kurikulum prototipe ini ?

  1. Petrus Bedera, SD 004 Nunukan

Pertanyaan : Apakah yang mengajar sebagai Guru Kelas dapat mengajar IPAS

  1. Ernawati, SMPN 7 Tarakan

Pertanyaan : Apakah cukup melapor ke Dinas Pendidikan, bisa mengimplementasikan Kurikulum Prototipe

 

Materi pada webinar sosialisasi dapat diunduh pada tautan : http://s.id/webinarkprototipe

Dan pertanyaan seputar kurikulum prototipe dapat disampaikan melalui tautan :

https://docs.google.com/forms/d/11GZHdaDm10tZljgSFu0EgvT6ztn0QGaR4rY7M7M6yFI/viewform?edit_requested=true

 

(Penulis : Emiy Sulistiyaningsih, S.Kom.)