Ngopi Satu (Ngobrol Pendidikan Santai dan Bermutu) Jilid 1 Persiapan IKM

Selasa 5 Juli 2022, BPMP Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan kegiatan Ngopi Satu (Ngobrol Pendidikan Santai dan Bermutu) Jilid 1 Persiapan IKM, acara yang di hadiri oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau ini di hadiri oleh 120 orang peserta kegiatan, acara ini di buka oleh Kepala BPMP Provinsi Kalimantan Utara Dr, Jarwoko, M.Pd dengan menghadirkan Narasumber Nurdin, M.Pd Kepala Subbag Umum BPMP Provinsi Kalimantan Utara, Dr. Andri Syawaluddin, S.Pd.I., M.Pd, dari BGP Provinsi Kalimantan Utara dan Muhiddin S.Pd dari SD Negeri 001 Nunukan Selatan.

Komunitas belajar adalah sekelompok guru, tenaga  kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat  dan kepedulian yang sama terhadap transformasi  pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah dimana mereka berpartisipasi aktif

Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, komunitas belajar  mendukung guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan  berbagai masalah pembelajaran yang dihadapi saat  implementasi Kurikulum Merdeka

Tujuan Komunitas Belajar

Dalam membangun komunitas belajar terdapat lima tujuan utama, yaitu:

  1. Mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik
  2. Mendukung dengan merancang interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas
  3. Membina anggota kelompok dengan mengajak anggota kelompok untuk mulai belajar dan belajar secara berkelanjutan
  4. Mendorong anggota dengan mempromosikan pekerjaan dari anggota melalui saling berbagi dan diskusi

Mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas  dalam pekerjaan sehari-hari

Manfaat belajar di dalam Komunitas

  1. Membangun jejaring antara pendidik yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk  bertemu
  2. Memberikan ruang bagi pendidifi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, isu  kontekstual, pengalaman pribadi yang dapat  membangun pemahaman dan wawasan  terkait pembelajaran
  3. Membangun dialog atau diskusi antar rekan sejawat yang dapat mengeksplorasi strategi  dan solusi baru atas tantangan yang  dihadapi dan saling mendukung dalam  proses pengembangan diri
  4. Menstimulasi pembelajaran dengan menjadi wadah untuk komunikasi, mentoring,  coaching, dan refleksi diri
  5. Membagikan pengetahuan yang ada untuk membantu anggota dalam meningkatkan  praktik mereka dengan menyediakan forum  untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah  umum dan proses untuk mengumpulkan dan  mengevaluasi praktik terbaik
  6. Memperkenalkan proses kolaboratif kepada kelompok dan organisasi untuk mendorong  gagasan dan pertukaran informasi
  7. Mendorong anggota komunitas untuk mengembangkan aksi nyata dengan hasil  yang terukur
  8. Menghasilkan pengetahuan baru untuk membantu anggota mengubah praktik untuk  mengakomodasi perubahan kebutuhan dan  teknologi

Video Rekaman : http://www.youtube.com/watch?v=X9CHVO3Iem4