Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik

 

Selasa 16 Agustus 2022 BPMP Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan kegiatan  Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik secara Daring, Kegiatan ini dibuka oleh Kasubbag Umum BPMP Provinsi Kalimantan Utara Nurdin, M.Pd menghadirkan narasumber Dhoni Mardiansyah Subbag Datin Pauddikdasmen kegiatan  Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik secara Daring ini di ikuti oleh unsur Kepala Sekolah serta Operator Sekolah dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulungan, Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Nunukan, Dinas Pendidikan Kota Tarakan, Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung, serta peserta dari BPMP Provinsi Kalimantan Utara.

Kegiatan Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik secara Daring bertujuan untuk :

1. Tujuan Umum

Adapun tujuan umum kegiatan Sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi, pemahaman dan peningkatan kualitas para operator dalam pengelolaan aplikasi DAPODIK secara berkelanjutan agar dalam pengelolaan DAPODIK menghasilkan data yang lebih akurat, terbarukan, dan berkelanjutan. Karena kebutuhan akan data merupakan sesuatu yang mutlak bagi setiap satuan pendidikan yang hendak melakukan penyusunan program atau membuat keputusan. Selain itu data yang ada akan menjadi dasar bagi Pemerintah atau Pemangku kepentingan dalam mengambil kebijakan dibidang pendidikan.

2. Tujuan Khusus

Adapun tujuan khusus kegiatan ini, sebagai berikut:

1. Untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang formulir Dapodik;

2. Untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang prosedur Dapodik;

3. Untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang aplikasi Dapodik.

Adanya kegiatan Sosialisasi Formulir, Prosedur, dan Aplikasi Dapodik secara Daring maka hasil yang diharapkan adalah:

1. Peserta mendapat informasi dan dapat memahami tentang formulir Dapodik;

2. Peserta mendapat informasi dan dapat memahami tentang prosedur Dapodik;

3. Peserta mendapat informasi dan dapat memahami serta melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Link Video Rekaman : https://youtu.be/bW1iwYCeMx8