Siaran Pers : Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

SIARAN PERS

Rabu 7 Mei 2023, Kebijakan transisi PAUD SD yang menyenangkan merupakan kebijakan pemerintah yang dilaksanakan oleh melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Episode Merdeka belajar ke-24. Transisi PAUD SD yang menyenangkan ini pada hakekatnya adalah proses perpindahan ya peserta didik dari PAUD ke SD dan adanya penyesuaian diri transisi pada SD yang menyenangkan yang dimaksudkan adalah penyelarasan pembelajaran dari PAUD ke SD yang bertujuan agar anak PAUD tidak terlalu melakukan banyak penyesuaian diri saat berpindah menjadi peserta didik SD.

Pada kunjungannya ke Provinsi Kalimantan Utara, Direktur PAUD Komalasari, mengatakan dalam transisi PAUD ke SD satuan pendidikan perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru SD
  2. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu
  3. Menerapkan pembelajaran yang membangun enam pondasi anak (PAUD dan SD)

Enam pondasi kemampuan anak:

  1. Mengenal nilai agama dan budi pekerti
  2. Keterampilan sosial dan bahasa
  3. Kematangan emosi
  4. Kematangan kognitif
  5. Keterampilan motorin dan perawatan diri
  6. Pemaknaan terhadap belajar yang positif

Kemendikbudristek mengajak berbagai pihak untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan:

  1. Peran dinas adalah melakukan diseminasi surat edaran dan mendampingi satuan PAUD dan SD atau MI di wilayah kabupaten kota
  2. Peran satuan pendidikan adalah belajar bersama untuk terwujudnya tiga perubahan mulai dari tahun ajaran baru. Satuan pendidikan dapat melaporkan perubahan yang sudah dilakukan melalui aksi nyata di kanal kementerian
  3. Peran orang tua adalah mendampingi anak-anak dengan bekal bulet penguatan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan dan video inspirasi di laman Transisi PAUD-SD
  4. Para mitra dapat melatih sekolah atau komunitas guru dampungannya agar menguatkan gerakan belajar bersama untuk penguatan transisi PAUD SD sebelum tahun ajaran baru dan sepanjang pembelajaran di sekolah.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyediakan alat bantu bagi satuan pendidikan untuk menjalankan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yang dapat diakses melalui Platform Merdeka Mengajar budi.kemdikbud.go.id dan laman transisi PAUD-SD s.id/transisipaudsd

Komalasari juga menekankan pada Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran untuk kelas awal pendidikan dasar sudah disusun selaras dengan PAUD, sehingga Buku Teks Kurikulum Merdeka sudah dikurasi sehingga anak tidak perlu bisa calistung saat masuk di kelas satu pada Sekolah Dasar.

Sebagai suplemen mengenai pemahaman Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, BPMP Provinsi Kalimantan Utara melakukan Video Talkshow dengan Direktur PAUD Kemendikbudristek Komalasari melalui kanal Youtube BPMP Provinsi Kalimantan Utara (Herdiansyah)