Siaran Pers : Pemulihan Pembelajaran di Kalimantan Utara: Mengatasi Tantangan dan Membangun Masa Depan yang Kuat

Tanjung Selor 3 Agustus 2023

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan tekad kuat mengumumkan upaya komprehensif untuk memulihkan pembelajaran di tengah tantangan yang dihadapi selama pandemi COVID-19. Pemulihan pembelajaran menjadi prioritas utama pemerintah dalam memastikan bahwa setiap siswa mendapatkan akses yang setara dan berkualitas ke pendidikan yang mereka butuhkan.

Berikut adalah langkah-langkah penting dalam upaya pemulihan pembelajaran di Kalimantan Utara:

  1. Pengadaan Infrastruktur Teknologi: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah mengalokasikan dana dan sumber daya untuk memperluas akses teknologi dan internet di lingkungan pendidikan. Sekolah-sekolah telah diperlengkapi dengan perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran hibrida. Hal ini memastikan bahwa siswa memiliki akses yang memadai ke pembelajaran online dan dapat tetap terhubung dengan guru dan teman sekelas.
  2. Penguatan Pelatihan Guru: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah meluncurkan program pelatihan dan pengembangan profesional yang intensif bagi guru. Pelatihan ini mencakup strategi pengajaran jarak jauh, penggunaan teknologi pendidikan, dan pendekatan kreatif dalam menghadapi tantangan pembelajaran pasca-pandemi. Dengan memberdayakan para guru, pemulihan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan efektif.
  3. Pendampingan Siswa dan Dukungan Emosional: Siswa yang mengalami dampak psikologis dari pandemi perlu mendapatkan perhatian khusus. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara telah meluncurkan program pendampingan siswa yang menyediakan dukungan emosional, konseling, dan layanan bimbingan bagi siswa yang membutuhkannya. Tujuannya adalah untuk membantu siswa mengatasi stres dan kecemasan, serta membangun kembali motivasi dan minat mereka dalam belajar.
  4. Rekonsiliasi Kurikulum: Dalam rangka pemulihan pembelajaran, pemerintah telah merevisi kurikulum dengan memperhatikan pembelajaran yang tertinggal selama masa pandemi. Kurikulum yang disesuaikan ini akan memastikan bahwa siswa memiliki dasar pengetahuan yang kuat dan mencakup keterampilan esensial yang diperlukan dalam dunia yang terus berubah.
  5. Kolaborasi dengan Pihak Terkait: Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara secara aktif menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk lembaga pendidikan, komunitas, dan organisasi non-pemerintah. Kolaborasi ini mencakup pertukaran pengetahuan, sumber daya, dan pengalaman terbaik untuk memastikan pemulihan pembelajaran yang holistik dan berkelanjutan.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara meyakini bahwa pemulihan pembelajaran adalah langkah penting dalam membangun masa depan yang kuat bagi generasi mendatang. Dalam menghadapi tantangan yang dihadapi, Kalimantan Utara berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap siswa memiliki kesempatan yang setara untuk belajar dan berkembang.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara mengajak semua pemangku kepentingan, termasuk sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat, untuk bergabung dalam upaya pemulihan pembelajaran yang sukses. Melalui kolaborasi yang kuat dan tekad yang tak tergoyahkan, kita dapat memastikan masa depan yang cerah dan berdaya saing bagi semua siswa di Kalimantan Utara.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara siap untuk mengatasi tantangan dan mendorong pemulihan pembelajaran yang kokoh dan berkelanjutan. (Herdiansyah)